Iklan Responsif

Apa Pengaruh Awan Terhadap Cuaca?

Apa kabar kakak-kakakku semua? Semoga kakak semua selalu dalam keadaan yang baik dan pastinya tetap dalam perlindungan-Nya. Kali ini kita akan mengulas tentang awan dengan cuaca, ada hubungan apa sih mereka? Kalian harus tahu bahwa awan itu adakalanya terlihat sangat indah. Lihatlah di atas gunung yang menjulang tinggi! Pasti terdapat awan yang memayungi sebagian dari gunung itu dan terlihat sangat indah. Apa kalian tahu bahwa keadaan awan bisa memengaruhi cuaca di sekitarnya? Adakah dampak dari perubahan cuaca bagi kehidupan manusia? Yuk simak pembahasan kita seputar awan dengan cuaca.

Apa Pengaruh Awan Terhadap Cuaca? Milatut Thoyibah

Apakah itu Cuaca?

Bumi kita selalu mengalami perubahan, adakalanya panas, dingin, kering ataupun hujan. Perubahan-perubahan yang terjadi itulah yang dinamakan dengan cuaca.

Jadi pengertian cuaca adalah perubahan yang terjadi di suatu wilayah dalam jangka waktu tertentu. Ada beberapa macam cuaca di bumi ini, seperti cuaca cerah, cuaca panas, cuaca berawan, cuaca dingin, cuaca hujan dan cuaca berangin. Berubahnya cuaca juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, meliputi suhu, tekanan udara, curah hujan, keadaan dingin, kelembapan, dan juga keadaan awan.

Ada Hubungan apa Antara Keadaan Awan dengan Cuaca?

Keadaan awan mempengaruhi perubahan cuaca yang terjadi di suatu wilayah tertentu. Awan seperti dapat meramalkan cuaca karena sering kali kita sebagai manusia apabila melihat ke arah awan dengan mudahnya kita bisa memrediksi keadaan cuaca yang akan terjadi di wilayah tersebut. Memang keadaan cuaca sangat berkaitan dengan keadaan awan. Macam-macam awan yang dikelompokkan berdasarkan bentuk, ketinggian dan cuaca yang akan terjadi antara lain.
  1. Awan Cumulus adalah awan yang berbentuk seperti kapas yang menggumpal. Awan ini tampak rendah, berwarna putih dan abu-abu pada bagian bawahnya. Awan ini menunjukkan cuaca cerah atau sangat panas (jika berwarna putih) dan akan hujan lebat apabila awan berwarna abu-abu.
  2. Awan Cirrus adalah awan yang berbentuk seperti gelombang tali ataupun rambut. Awan ini tampak tinggi dan bergerak cepat dibanding awan lainnya. Awan cirrus menunjukkan cuaca akan turun hujan. 
  3. Awan Stratus merupakan awan yang rata memenuhi langit berbentuk seperti selimut. Contoh dari awan stratus adalah kabut. Awan tersebut menunjukkan bahwa akan terjadi hujan gerimis. 
  4. Awan Nimbus, mempunyai bentuk awan yang sangat tebal dan warna yang sangat gelap. Awan tersebut akan menunjukkan bahwa akan terjadi hujan sehingga dinamakan juga awan hujan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa keadaan awan sangat memengaruhi keadaan cuaca yang akan terjadi. Mengapa demikian?

Karena dengan kita melihat warna, bentuk serta ketinggian awan kita bisa mengetahui apa yang akan terjadi apakah cuaca akan cerah, panas, gerimis ataupun hujan. 

Namun apakah kalian pernah menjumpai Hujan pada saat Matahari sedang terik (panas)? Pastinya sering bukan? Mengapa itu semua bisa terjadi? Hujan pada umumnya akan turun ketika awan dalam kondisi gelap.

Namun, kita seringkali menjumpai hujan saat matahari masih terik dan kondisi panas. Itu semua terjadi karena adanya pemanasan udara yang membuat udara menjadi naik dan menguap sehingga membentuk awan hujan. 

Apakah Dampak Cuaca Bagi Kehidupan Manusia?

Cuaca sangatlah berdampak pada kegiatan manusia, baik yang ada di daerah daratan rendah, pantai dan pegunungan. Manusia akan cenderung lebih memilih tempat tinggal yang nyaman, yaitu tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.

Cuaca juga berpengaruh pada kegiatan pertanian dan perkebunan, baik atau tidaknya hasil tanaman yang ditanam tergantung pada cuacanya, curah hujan yang terlalu banyak akan membuat busuk tanaman, namun curah hujan yang terlalu sedikit juga bisa membuat tanaman menjadi kering.

Selain itu cuaca juga memengaruhi kesehatan manusia. Pastilah ada saatnya banyak penyakit yang muncul di cuaca tertentu, seperti alergi, demam dan penyakit lain. Sering juga cuaca memengaruhi kegiatan industri dan ekonomi manusia. Hujan sering juga menghambat kegiatan manusia di luar ruangan.

Sekian ulasan dari kami tentang Hubungan Awan dengan Cuaca. Semoga apa yang saya paparkan di atas bisa membantu dan bermanfaat.

Penulis: Milatut Thoyibah (S1 PGMI UIN Sunan Ampel Surabaya)
Editor: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel