Iklan Responsif

Bagaimana Cara Mengatasi Dampak Lingkungan Kumuh?

Hai teman-teman! Bagaimana kabarnya? Kali ini saya akan mengulas tentang cara mengatasi lingkungan kumuh. Kalian pernah lihat rumah-rumah kumuh di perkotaan kan? Pasti kalian tak asing lagi dengan pemandangan seperti itu di perkotaan, apalagi di ibu kota Jakarta. Lalu bagaimana sih cara mengatasi dampak lingkungan kumuh? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Apa itu Lingkungan Kumuh?

Lingkungan kumuh atau kawasan kumuh merupakan sebuah tempat tinggal dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi. Pada umumnya, lingkungan seperti itu dihuni oleh masyarakat dengan strata ekonomi menengah ke bawah.

Lingkungan kumuh biasanya identik dengan pengangguran dan tingkat kemiskinan yang tinggi. Lingkungan kumuh banyak menjadi sumber masalah seperti banjir dan sarang penyakit. Lingkungan kumuh menjadi permasalahan yang pelik khususnya di negara berkembang layaknya di Indonesia.

Dengan meningkatnya populasi penduduk akan meningkatkan lingkungan kumuh. Pemerintah kota harus tegas menangani permasalahan ini. Sebab, mereka yang tinggal di kawasan kumuh mayoritas berasal dari tingkat pendidikan yang rendah, sehingga pemahaman mereka terhadap pentingnya lingkungan bersih dan sehat sangat kurang. Oleh karena itu, hal tersebut menjadi PR bagi pemerintah. 

Bagaimana Cara Mengatasi Lingkungan Kumuh?

Pemerintah mencoba menangani masalah lingkungan kumuh dengan cara memindahkan penduduk lingkungan kumuh di kawasan lingkungan yang layak. Kesadaran masyarakat sangat diperlukan dalam terciptanya lingkungan bersih dan bebas dari wabah penyakit.

Akan tetapi, banyak masyarakat strata ekonomi ke bawah enggan untuk berpindah ke lingkungan yang bersih. Hal tersebut disebabkan mereka terlalu nyaman terhadap tempat tinggal dengan suasana kumuh. Mereka dapat mendirikan rumah tak layak pakai dengan alat dan bahan secara sederhana. Misalnya menggunakan peralatan kardus dan triplek dapat menghasilkan sebuah rumah singgah di lorong jembatan maupun bantaran sungai.

Pemandangan seperti itu seringkali dijumpai di perkotaan metropolitan. Mereka merantau dari desa ke kota hanya bertujuan mencari secakup nasi untuk mempertahankan hidupnya. Sebagian besar dari mereka mempertahankan hidupnya di lingkungan seperti itu. Hal tersebut dikarenakan biaya sewa lahan lebih murah. 

Bagaimana Cara Mengatasi Dampak Lingkungan Kumuh? 

Cara pemerintah setempat menangani lingkungan kumuh sebagai berikut.

Memberikan Penyuluhan tentang Dampak Tinggal di Lingkungan Kumuh. Masyarakat yang tinggal di lingkungan kumuh akan lebih mudah terserang oleh penyakit. Dikarenakan kondisi lingkungan tersebut jauh dari kata bersih, sehingga wabah penyakit lebih cepat menyerang dan menular. Kebanyakan lingkungan kumuh berada di pinggir rel kereta api, bantaran sungai, dan lorong jembatan. Penyakit yang terjadi  biasanya penyakit kulit dan gangguan pernapasan disebabkan minimnya sanitasi di lingkungan tersebut. Pemerintah harus lebih cerdas dalam memberikan penyuluhan terhadap dampak dari lingkungan kumuh. Agar masyarakat sadar bahwa kesehatan dan bahaya mengancam tempat tinggal di lingkungan kumuh.

Memberikan Rumah Murah. Dengan adanya rumah murah diharapkan dapat meminimalisir pemukiman kumuh tersebut. Selain itu, pemerintah memberikan fasilitas yang layak seperti rumah susun serta  menyediakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat strata ke bawah. Hal tersebut bertujuan menghimbau masyarakat agar tidak menjadi pengangguran. Sebelumnya Pemerintah kabupaten telah membuat program kerja yang sesuai dengan sumber daya alam masyarakat di lingkungan kumuh tersebut.

Menyadarkan Pentingnya Kesehatan. Pemerintah kabupaten turut ikut serta memprihatinkan wilayahnya yang masih kumuh. Dinas kesehatan dan dinas lingkungan hidup setempat menjalankan program kerja pemerintah daerah. Kepedulian dua dinas tersebut sangat memengaruhi kualitas lingkungan kumuh di wilayah kabupaten atau kota itu. Pemerintah setempat turut ikut serta dalam mengawasi jalannya penyuluhan kesehatan. Tidak hanya itu, pemerintah menggerakkan pakar kesehatan seperti dokter maupun bidan agar menjadi relawan kesehatan di lingkungan kumuh. 

Oleh karena itu, pemerintah harus lebih sering-sering memberikan penyuluhan tentang dampak penyakit di lingkungan kumuh dan memberikan fasilitas berupa rumah murah. Agar masyarakat tidak akan kembali di lingkungan kumuh tersebut. Sekian pembahasan saya tentang cara mengatasi lingkungan kumuh, semoga bermanfaat. Terima kasih  

Penulis: Firdha Ardhila Damayanti (S1 PGMI UIN Sunan Ampel Surabaya)
Editor: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel