Iklan Responsif

Bagaimana Cara Lebah Memproduksi Madu? Lebah di Ayat Al Quran

Pembuatan Madu

Assalamu’alaikum! Berjumpa lagi dengan saya dengan membawa informasi mengenai madu. Tentu kalian semua tahu apa itu madu dan pasti semua orang menyukai madu karena rasanya yang sangat manis.
Bagaimana Cara Lebah Memproduksi Madu?

Semua orang tentu mengetahui bahwa madu diproduksi oleh lebah, namun tahukah kalian proses lebah dalam memproduksi madu? Mari lihat pembahasan berikut.

Lebah Madu

Lebah berasal dari genus Apis, lebah memiliki suatu kelompok yang disebut koloni. Setiap koloni terdiri dari 3 tingkatan kasta lebah beserta tugasnya, yakni:
1. Lebah ratu, merupakan lebah berjenis kelamin betina, pada setiap koloni hanya terdapat satu ekor lebah ratu. Lebah ratu bertugas memimpin setiap koloni dan juga berkembangbiak.

2. Lebah betina, jumlahnya puluhan ribu ekor setiap koloni. Sehingga lebah ini adalah lebah terbanyak. Lebah betina dapat disebut dengan lebah pekerja karena memiliki tugas mengumpulkan serbuksari dan mengambil nektar. Adapula sebagian lebah yang bertugas membersihkan sarang dan memberi makan larva lebah.

3. Lebah jantan, merupakan lebah dengan jumlah paling sedikit, hanya berkisar ratusan dalam setiap koloni. Lebah jantan bertugas mengawini lebah ratu muda jika akan membentuk koloni baru, kemudian setelah mengawini maka akan mati karena testisnya terlepas ke ovarium lebah ratu.

Siklus Lebah

Lebah merupakan jenis serangga yang berkembangbiak dengan metamoforsis sempurna, dimana mengalami beberapa tahap proses untuk menjadi lebah sempurna. Beberapa tahap metamorfosis lebah adalah:
1. Telur
2. Larva
3. Kepompong
4. Lebah dewasa

Lebah ratu menghasilkan sekitar 2.000 telur setiap harinya. Kemudian menetas dan ketika menjadi larva, lebah betina akan memberikan makanan seperti serbuk sari dan nektar. Nektar tidak hanya digunakan untuk memberi makanan kepada anak lebah melainkan disisakan untuk membuat madu dan digunakan untuk kebutuhan lebah lainnya. Setelah beberapa hari larva akan menjadi kepompong dan kemudian menjadi lebah dewasa.

Produksi Madu

1. Langkah pertama, lebah mengumpulkan cairan yang terdapat dalam bunga yang disebut nektar. Lebah menyedot nektar menggunakan lidah yang bentuknya panjang dinamakan proboscis. Setelah disedot maka akan masuk ke dalam perut lebah.

2. Langkah kedua, setelah mengumpulkan nektar, maka lebah akan kembali ke sarangnya. Disinilah sebagian lebah pekerja yang lebih muda bertugas menghisap nektar di dalam perut lebah pekerja yang ada nektarnya.

3. Langkah ketiga, lebah pekerja yang ada di sarang mengubah nektar menjadi madu dengan menambahkan enzim-enzim yang ada pada nektar dari mulut lebah pekerja. Setelah itu mengubahnya menjadi madu mentah.

4. Langkah keempat, madu mentah disimpan di sarang lebah. Sama halnya dengan nextar, madu mentah masih mengandung kadar air yang cukup tinggi.

5. Langkah kelima, di dalam sarang lebah, kadar air mulai turun dikarenakan sarangnya mendukung dalam proses penguapan. Selain itu kepakan sayap lebah juga mempengaruhi penurunan kadar air dalam madu mentah.

6. Langkah Keenam, madu mentah yang kadar airnya sudah turun ke level tertentu inilah yang kita sebut sebagai madu. Setelah madu matang, maka lebah akan melindungi madu dengan menyimpannya menggunakan bantuan lilin lebah. Kemudian madu siap untuk digunakan oleh lebah dan manusia.

Produk Lebah

Lebah merupakan hewan yang memiliki banyak kebaikan dan manfaat bagi manusia. Beberapa produk yang dihasilkan oleh lebah tidak hanya madu, beberapa produknya adalah sebagai berikut:
1. Bee polen atau serbuk sari, memiliki kandungan asam amino, lemak essensial, vitamin, mineral, serta alkaloid yang berguna untuk memperbaiki sel dalam tubuh manusia.

2. Propolis, merupakan semacam lem yang dikumpulkan lebah dari tanaman. Propolis ini digunakan lebah untuk memperbaiki sarang yang memiliki lubang. Propolis ini digunakan manusia untuk bahan baku obat-obatan karena mengandung antibiotik.

3. Royal jelly, merupakan cairan kental yang dihasilkan oleh lebah pekerja untuk memberi makan larva lebah. Royal jelly bermanfaat bagi manusia untuk menjaga kebugaran tubuh.

4. Lilin lebah, juga merupakan hasil keluaran yang dihasilkan oleh lebah. Lilin lebah digunakan manusia untuk bahan baku pembuatan kosmetik.

Lebah Dalam Al-Qur’an

Dalam Al-Qur’an Allah telah menjelaskan kebaikan lebah yang terdapat dalam surat An-Nahl (16): 69, berikut:

ثُمَّ كُلِي مِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ فَٱسۡلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلٗاۚ يَخۡرُجُ مِنۢ بُطُونِهَا شَرَابٞ مُّخۡتَلِفٌ أَلۡوَٰنُهُۥ فِيهِ شِفَآءٞ لِّلنَّاسِۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَأٓيَةٗ لِّقَوۡمٖ يَتَفَكَّرُونَ ٦٩ 

Artinya: “Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan”

Berdasarkan ayat tersebut, Allah menyuruh manusia untuk meniru lebah karena lebah hanya memakan yang baik-baik dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi makhluk hidup lainnya.

Sekarang kita telah mengenal tentang lebah serta mengetahui proses lebah dalam memproduksi madu. Lebah menghasilkan banyak produk yang bermanfaat bagi manusia.

Oleh karena itu, sebagai manusia kita bisa meniru lebah yang memakan hal baik dan menghasilkan kebaikan pula. Sampai jumpa pada artikel yang lain.

Penulis: Anisha Tyas Wilujeng
Editor: Admin


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel