Iklan Responsif

Bagaimana Cara Memutihkan Gigi?

Cara Memutihkan Gigi

Bagaimana Cara Memutihkan Gigi?

Pengertian Gigi

Gigi merupakan salah satu komponen sangat penting yang membantu proses pencernaan makanan. Sebelum makanan sampai di Lambung makanan terlebih dahulu didalam mulut. Di sana makanan mengalami proses pencernaan baik secara kimiawi melalui bantuan enzim amilase yang dihasilkan oleh air liur berfungsi untuk mengubah amilum menjadi glukosa, maupun pencernaan mekanik dengan menggunakan gigi.

Fungsi Gigi 

Pada umumnya gigi berfungsi untuk merobek dan mengunyah makanan, namun pada beberapa hewan buas gigi digunakan sebagai senjata untuk melindungi diri dari musuh. 

Gigi memiliki bentuk yang berbeda-beda disesuaikan dengan fungsinya seperti:
Gigi Seri terletak didepan berfungsi untuk menggigit makanan, Gigi taring merupakan yang paling tajam terletak diantara gigi seri dan gigi geraham berfungsi untuk merobek makanan. Gigi Geraham yang letaknya paling belakang berfungsi untuk mengunyah.

Bagian Gigi

Mahkota gigi adalah bagian gigi yang berada diatas gusi terdiri antara beberapa lapisan antara lain, lapisan email (lapisan paling yang keras), tulang gigi atau dentin (terdapat saraf dan pembuluh darah), rongga gigi atau pulpa (bagian diantara corona dan radiks), leher gigi (berada di dalam gusi), akar gigi atau radiks (bagian yang melekat pada tulang rahang), semen gigi (pelapis akar gigi agar tetap melekat pada gusi).

Penyebab Gigi Kuning

Lambat laun seiring bertambahnya usia gigi akan mengalami perubahan mulai dari berubah posisi, menjadi rapuh hingga berubah warna. Untuk melakukan pencegahan sangat diperlukan untuk mengetahui penyebab perubahan warna pada gigi.

Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan gigi berubah warna :
1. Makanan dan minuman asam
Makanan dan minuman  dengan Ph yang rendah seperti cuka, wine, yoghurt dan minuman berkarbonasi dapat menyebabkan erosi pada email gigi. Selain itu juga bisa menyebabkan gigi menjadi sensitif.

2. Merokok
Tembakau  mengandung bahan kimia berupa tar dan nikotin yang dapat membuat noda kekuningan pada gigi.

3. Usia
Semakin bertambah usia lapisan email gigi juuga akan semakin menipis, sehingga lapisan dentin yang berwana kuning lebih terlihat gigi tampak lebih kuning.

4. Fluoride
Fluoride biasanya terdapat dalam pasta gigi berfungsi untuk memperkuat email dan mencegah pembusukan. Namun, jika jumblahnya berlebihan dapat menyebabkan bintik coklat pada gigi dan garis garis putih

Cara Mencegah Gigi Kuning

Urain diatas adalah beberapa penyebab perubahan warna gigi, berikut adalah beberapa cara untuk mencegah gigi berubah warna :
1. Membersihkan gigi secara teratur dengan cara menyikatnya 2 kali sehari.
2. Rutin 6 bulan sekali ke dokter.
3. Mengurangi konsumsi makanan dan minuman asam serta memperhatikan makanan lain.
4. Menggunakan sedotan dan berkumur setelah makan untuk meminimalisir noda yang menempel.
5. Tidak merokok.

Cara Memutihkan Gigi 

Zaman dahulu nenek moyang kita memiliki kebiasaan untuk meyikat gigi menggunakan arang atau biasa disebut dengan Arang aktif (activated charcoal). Akhir-akhir ini kebiasaan itu muncul lagi hingga muncul produk-produk pasta gigi dengan activated charcoal.

Arang dipercaya bisa membersihkan kotoran sehingga bisa membuat gigi menjadi putih. Arang aktif adalah arang yang terbuat dari tempurung kelapa, batu bara, kayu dan lain sebagainya yang dipanaskan menggunakan gas sehingga pori-porinya menjadi lebih banyak. Pori-pori ini sangat efektif untuk menyerap racun dan kotoran sehingga sangat efektif untuk membersihkan sisa-sisa makanan.

Caranya dengan menghaluskan arang lalu gosokkan pada gigi sengan sikat seperti biasa, Namun menggunakan arang sebagai pasta gigi secara berlebihan bisa menyebabkan abrasi pada email gigi sehingga bakteri lebih mudah menempel, dan bisa meningkatkan resiko plak menempel pada permukaan gigi lebih besar.

Tidak hanya arang saja yang dipercaya untuk memutihkan gigi, namun kulit pisang dan soda kue juga dipercaya bisa membuat gigi lebih putih.berikut uraiannya:
1. Kulit pisang mengandung mineral magnesium dan pottasium yaang dapat membantu gigi terlihat lebih putih. Caranya dengan menggosokkan bagian dalam kulit pisang hingga gigi tertutupi dengan pasta kulit pisang, diamkan selama kurang lebih 5-10 menit, lalu sikat dengan pasta gigi seperti biasa. Lakukan kegiatan ini sehari sekali.

2. Soda kue natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat sangat tidak dianjurkan untuk dijadikan pasta gigi karena dapat mengikis lapisan email gigi dan merusak gusi. Selain itu soda kue hanya membersihkan noda dan kotoran pada permukaan saja tidak membersihkan fleknya sehingga flek yang terus terkumpul akan tetap membuat gigi tampak kuning.

Menggunakan sesuatu secara berlebihan tidaklah baik, meskipun dengan bahan yang alami. Sebelum gigi menjadi kuning alangkah baiknya untuk mencegah dengan rutin membersihkan gigi dan pergi ke dokter enam bulan sekali, jika sudah terlanjur konsultasikan terlebih dahulu jika ingin memutihkan gigi.

Penulis: Eva Alfina Rohmatin
Editor: Admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel