Iklan Responsif

Dampak Mandi Pada Malam Hari

Bagaimana Dampak Mandi Pada Malam Hari?

Assalamualaikum kawan-kawan, bagaimana kabarnya? semoga selalu baik ya. Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana dampak mandi pada malam harimenurutpandanganislamdanmenurutkesehatan. Untuk lebih jelasnya langsung saja menyimak artikel ini ya.
Dampak Mandi Pada Malam Hari

Seputar Mandi Malam Hari

Mandi pada malam hari memang diperbolehkan, namun kurang baik bagi kesehatan. Jika tubuh kita dalam keadaan tidak sehat dan suhu pada tubuh kita sedang tidak normal, maka akan banyak dampak negatif yang terjadi saat melakukan mandi pada saat malam hari.

Mitos Mandi Malam Hari Penyebab Rematik 

Rematik merupakan suatu penyakit yang disebabkan adanya pembengkakan pada persendian yang menjadikan tubuh terasa pegal-pegal. Mandi saat malam hari bukan merupakan penyebab dari penyakit rematik, namun mandi pada saat malam hari menjadikan penderita rematik kambuh, karena bagian sendi-sendi menjadi kaku.

Mandi Malam Hari Menurut Pandangan Kesehatan

Menurut kesehatan, mandi saat malam hari tidak diajurkan, karena saat malam hari tubuh kita telah beraktivitas satu hari penuh dan saat beraktivitas tersebut tubuh kita pasti mengeluarkan banyak keringat, tentunya suhu tubuh kita sedang tidak normal. Hal tersebut yang menjadi penyebab akan banyaknya penyakit yang masuk pada tubuh kita. Namun, terdapat beberapa ahli kesehatan yang mengungkapkan bahwa mandi saat malam hari itu baik bagi kesehatan, akan tetapi pada saat kondisi tubuh kita benar benar fit, sehingga tidak terjadi perbedaan tekanan yang signifikan antara suhu tubuh kita dengan suhu lingkungan atau suhu air saat kita mandi.

Manfaat Mandi Malam Hari Menurut Pandangan Islam 

Manfaat mandi menurut agama islam adalah dapat menyegarkan tubuh dan tidak membuat mengantuk, islam jugasangatlah memperhatikan tentang kebersihan dan kesucian, salah satunya melakukan kebersihan dengan cara mandi.

Hal tersebut juga dijelaskan di dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 222, yang berbunyi:
إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Artinya: “sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat, dan orang-orang yang menyucikan diri.

Islam juga mengatur tentang waktu-waktu yang dilarang untuk mandi. Yang pertama yakni pada saat 30 menit sesudah sholat ashar, karena saat tersebut tubuh kita terasa panas, jika kita mandi , maka akan terasa panas dan akan terasa penat saat melakukan aktvitas selanjutnya. Yang kedua yakni sesudah maghrib, karena sesudah maghrib jantung kita sudah lelah untuk melakukan aktivitas dan mandi sesudah maghrib juga bisa menyebabkan penyakit paru-paru basah. Yang ketiga yakni setelah isya’ sampai pukul 12 malam, karena pada saat waktu itu jantung kita seharusnya sudah beristirahat, jika kita mandi pada waktu tersebut, maka bisa menyebabkan kerusakan pada jantung.

Dampak Mandi Saat Malam Hari

Apapun yang kita lakukan pasti menimbulkan sampak positif dan dampak negatif. Dampak negati mandi saat malam hari yakni:
1. Menjadikan tubuh demam
Pada malam hari, suhu tubuh kita meningkat (lebih panas) dan menjadikan pori-pori pada tubuh kita terbuka. Jika ir dingin masuk ke dalam tubuh kita, maka suhu dingin air akan bertabrakan dengan suhu tubuh kita dan menjadikan tubuh kita demam.

2. Penyebab penyakit asam urat
Air dingin pada malam hari menjadikan sendi-sendi pada tubuh tubuh terasa nyeri dan seiring bertambahnya usia, cairan sendi tersebut berkurang komposisinya, sehingga bisa menyebabkan asam urat.

Namun, selain dampak negatif yang ditimbulkan, ada beberapa dampak positif, yakni:
Menghilangkan kantuk. Pada saat malam hari, pasti sebagian besar orang merasakan kantuk. Namun, jika ada beberapa pekerjaaan yang belum terselesaikan, maka madi bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan kantuk.

Yah, seperti itulah sobat penjelasan tentang dampak mandi saat malam hari menurut pandangan islam dan menurut pandangan kesehatan. Semoga bermanfaat, Wassalamualaikum

Penulis: Uni Hanifatus Sholihah
Editor: Admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel