APA BAHAYA MEMAKAI SOFTLENS?

Softlens

Halloo teman semua, jumpa lagi bersama saya nih hehe. Kali ini saya akan membahas tentang suatu barang yang sering banget dipakai oleh kalian-kalian untuk mempercantik mata. Kalian tau? Iya betul, softlens. Saya disini akan menambah pengetahuan kalian tentang softlens, mungkin kalian masih ragu-ragu softlens bahaya gak sih? Berdampak apasih? Lah daripada penasaran yuk simak berikut ini yaa.
APA BAHAYA MEMAKAI SOFTLENS?


Pengertian Softlens

Lensa kontak atau biasa disebut softlens adalah lensa kosmetik, korektif atau lensa terapi yang ditempatkan di kornea mata. Lensa kontak terbuat dari plastik lunak, lembut dan fleksibel yang memerlukan perawatan rutin, karena kalau tidak akan menyebabkan iritasi mata dan bisa berdampak serius.

Lensa kontak biasanya memiliki fungsi yang sama dengan kacamata, tapi ringan dan tidak nampak saat dipakai. Lensa kontak biasa dibuat dengan warna-warna yang terlihat, dengan tujuan lebih mudah saat dibersihkan dan secara sengaja dibuat untuk mengubah penampilan mata pemakainnya agar lebih menarik. 

Apakah Softlens Berbahaya?

Tidak sedikit orang memilih softlens menjadi alat bantu bagi mereka yang memiliki masalah penglihatan. Selain sebagai alat bantu, softlens juga banyak digunakan sebagai penunjang penampilan mereka, agar lebih terlihat menarik. Namun dibalik keindahan tersebut ada bahaya softlens yang perlu kalian ketahui.

Meski softlens memberikan tampilan mata yang menarik, namun sebagian orang kesulitan dalam menggunakan softlens. Mulai dari sulit mendapat softlens yang cocok, hingga tidak bisa menggunakan softlens dengan baik. Yuk simak bahaya softlens dibawah ini:
1. Reaksi alergi terhadap softlens.
2. Penglihatan menjadi kabur.
3. Rasa gatal, terbakar, sakit menyengat dimata.
4. Sensitif terhadap cahaya.
5. Peradangan mata.
6. Pembengkakan mata yang diikuti rasa nyeri.

Dalam kondisi yang lebih serius, softlens bisa mengakibatkan kebutaan jika tak diobati dengan segera. Maka saya menyarankan, apabila kalian merasakan gejala-gejala diatas maka segera berhenti memakai softlens demi keselamatan mata kalian.

Cara Mudah Atasi Iritasi Akibat Softlens

Jika kalian termasuk salah satu yang sering mengalami iritasi mata karena softlens, yuk simak cara mengatasi nya:
1. Hentikan pemakaian sampai mata kalian membaik. Jika kalian masih menggunakan softlens saat mata kalian iritasi, maka akan menimbulkan masalah yang serius pada mata kalian, seperti ulkus atau mata bernanah dan infeksi yang bisa menjalar ke seluruh kornea mata dan dapat berakibat kerusakan.

2. Jika mata kalian hanya gatal, tapi belum memerah dan bengkak. Kalian bisa menetesi dengan obat mata khusus pengguna softlens.

3. Kalian bisa menggunakan bawang putih, dengan cara potong menjadi beberapa bagian kemudian letakkan bawang putih di akar bulu mata kalian. Jangan di kelopak mata ya. Memang terasa agak perih karena bawang akan membunuh semua bakteri di sekitar mata klian. Tahan beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

4. Basuh dengan air es. Air es yang bersih bisa membersihkan semua kotoran yang menempel pada sekitar mata kalian, juga berguna untuk menttralisir iritasi mata. Kotoran yang menepel pada sekitar mata akan mengakibatkan mata perih, apalagi jika memakai softlens akan mengakibatkan iritasi. Setelah kalian membasuh dengan air es, keringkan dengan handuk bersih. Biarkan mata beristirahat sejenak untuk merelaksasikan otot-otot mata yang lelah.

5. Jika dalam beberapa hari mata kalian masih saja bengkak, segera hubungi dokter agar segera mendapatkan perawatan.

Tips Aman Menggunakan Softlens

Terlepas dari bahaya softlens di atas, penggunaan softlens bisa saja aman jika dilakukan sesuai intruksi dengan benar, simak tips dibawah ini:
1. Mengikuti instruksi pada kemasan. Softlens tentunya memiliki jenis yang berbeda-bedaa, dan pastinya membutuhkan perawatan yang berbeda pula. Oleh karena itu, kalian harus mengikuti instruksi yang ada dikemasan dan ikuti petunjuk dokter.

2. Menjaga kebersihan softlens. Kebersihan softlens adalah kunci utama agar tidak mengalami kejadian-kejadian seperti di atas. Untuk membersihkan softlens kalian harus menggunakan cairan khusus untuk softlens dan sesuai dengan petunjuk dokter. Kalian juga harus rutin memeriksakan softlens dan hindari pemakaian softlens saat mandi, berenang, tidur, dan softlens yang sudah rusak.

3. Jangan menggunakan softlens saat tidur. Demi kesehatan, keamanan dan kenyamanan mata kalian, hindari pengunaan softlens saat tidur. Kalian wajib lepas softlens terlebih dahulu sebelum tidur, karena jika kalian tidur dalam keadaan masih memakai softlens akan meningkatkan resiko munculnya keratitis, yaitu peradangan yang terjadi pada kornea. Jika sudah serius maka dapat meningkat menjadi kebutaan.

4. Rajin membersihkan tempat softlens. Tidak hanya rutin mengganti cairan softlens, kalian juga harus membersihkan tempat softlens. Setiap hari setelah penggunaan, bilas tempat penyimpanan softlens dengan cairan khusus, kemudian biarkan terbuka hingga kering. Setiap seminggu sekali kalian harus mencuci bersih tempat penyimpanan softlens dengan cairan khusus dan gosok secara perlahan. Selain membilas dan mencuci, tempat softlens juga harus diganti setiap satu bulan sekali.

5. Selalu menjaga kebersihan tangan saat akan menyentuh softlens. Ingat!, meski terlihat bersih,
namun tangan kita mengandung bakteri yang sangat kecil yang tak terlihat oleh mata telanjang.

Softlens Vs Kacamata Mana Yang Lebih Baik?

Pada dasarnya softlens dan kacamata memiliki fungsi yang sama yaitu membantu penglihatanbagi orang yang menderita silinder, minus dan plus. Namun yang membedakan yaitu cara merawat dan memakainya. Yuk siman apa kelebihan dan kekurangan dari keduannya.
Kelebihan kacamata:
1. Membuat wajah lebih berkarakter.
2. Mudah dilepas dan dipakai.
3. Melindungi mata dari debu.
4. Tidak menimbulkan iritasi mata.

Kekurangan kacamata:
1. Kurang nyaman.
2. Mudah pecah.
3. Sering berembun ketika terkena keringat.
4. Kadang kurang percaya diri.

Kelebihan softlens:
1. Lebih nyaman.
2. Lebih percaya diri.
3. Bebas beraktivitas.
4. Penglihatan lebih baik.

Kekurangan softlens:
1. Perawatan yang ekstra.
2. Bisa saja menyebabkan iritasi.
3. Resiko koyak didalam mata.
4. Membuat mata kekurangan oksigen.
5. Pengguna kaca mata apabila menggunakan softlens akan sulit beradaptasi.


Author: MAR’ATUS SHOLIKHAH



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel