Iklan Responsif

Apa Benar Cacing Tanah dapat Menyembuhkan Penyakit Tifus?


Penyakit Tifus

Hai sobat, ketemu lagi dengan saya. Disini pasti sobat pernah deh waktu kecil kena sakit tifus. Selain dibawa ke dokter, biasanya orang tua menggunakan cacing tanah untuk mengobati dan hasilnya dalam jangka waktu 1 sampai 3 hari kondisi tubuh membaik dan panas menurun.  
Mungkin banyak orang yang sudah tahu bahwa cacing tanah bisa mengobati penyakit tifus. Oleh karena itu di artikel ini saya akan mengulas mengenai apa benar cacing dapat menyembuhkan penyakit tifus?. Yuk simak pembahasannya.

Apa Benar Cacing Tanah dapat Menyembuhkan Penyakit Tifus?

Definisi Cacing Tanah

Cacing tanah adalah jenis hewan  reptil yang berbentuk tabung dan terbagi dalam filum annelida. Cacing tanah umumnya hidup di tanah dan memakan bahan organik yang masih hidup maupun yang sudah mati. Sistem pencernaan dengan menggunakan tubuhnya yang panjang. Cacing tanah mempunyai sistem transportasi ganda, yaitu cairan selom yang bergerak dalam selom yang berisikan cairan selom dan sistem peredaran darah tertutup secara sederhana.

Cara Perkembangbiakan Cacing Tanah

Sepasang cacing tanah dapat berkembang dan menghasilkan 150 ekor cacing dalam satu tahun. Populasi pada cacing tanah meningkat hingga 100% setiap 4-6 bulan. Cacing tanah akan membatasi perkembangbiakan mereka untuk disesuaikan dengan makanan dan tempat hidup yang tersedia. 
Cacing tanah termasuk hewan hermafrodit, yaitu organ kelamin jantan dan betina didalam satu individu. Namun, cacing tanah tidak dapat melakukan reproduksi secara sendiri karena tidak bisa menyatukan antara organ kelamin jantan dan betina mereka sendiri. Cacing tanah akan aktif dalam bereproduksi ketika dalam keaadan hangat dan lembab. Cacing tanah berkembangbiak secara ovipar.

Jenis Cacing Tanah yang Digunakan sebagai Obat

Cacing tanah memiliki dua jenis, di antaranya Lumbricus dan Pheretima. Untuk cacing tang berjenis Lumbricus memiliki bentuk tubuh yang pipih. Memliki jumlah segmen yang berkisar antara 90-195 dan klitelum yang terletak pada segmen 27-32. Umumnya cacing tanah jenis ini kalah bersaing dengan cacing tanah jenis lain, oleh karena itu memiliki tubuh yang leih kecil.Cacing tanah berjenis Pheretima memiliki segmen sekitar 95-150 segmen. Klitelum terletak pada segmen 14-16. Cacing jenis ini memiliki bentu gilik panjang dan silindris yang berwarna merah keunguan. Cacing tanah yang tergolong Pheretima, yaitu cacing merah, cacing koot, dan cacing kalung.

Cacing Tanah sebagai Obat Tifus

Dalam menyembuhkan penyakit tifus masyarakat Indonesia telah mempercayai bahwa cacing tanah yang cocok atau ampuh dalam menyembuhkan tifus yaitu cacing kalung yang termasuk dalam jenis cacing tanah Pheretima. Untuk cacing tanah hanya dua spesies yang biasanya digunakan sebagai obat dari 1.800 spesies cacing tanah, yaitu cacing eropa (Lumbricus rubellus) dan cacing kalung (Pheretima aspergillum).
Pada penyakit tifus, ekstrak cacing tanah dapat bekerja dua kali sekaligus, yaitu menurunkan demam dan membunuh bakteri penyebab tifus tersebut. Penyakit tifus disebabkan oleh bakteri salmonella thypi dan didalam cacing tanah memiliki kandungan berupa pembunuh bakteri salmonella.
Dari beberapa penelitian yang dilakukan terbukti bahwa cacing tanah memiliki zat anti bakteri yang terkandung dari protein hasil ekstraksi cacing tanah yang berfungsi dapa menghambat pertumbuhan bakteri gram negatif Escherichia  coli, Stapylococcus aureus, Shigella dysenterica, dan salmonella thypi. Bakteri tersebut dapat mengganggu kesehatan kita, termasuk sakit disentri, sakit demam tifoid (Tifus).

Cara Pengolahan Cacing Tanah sebagai Obat

Untuk mengolah daging Lumbricus rubellus, terdapat beberapa cara, yaitu dengan diolah sebagai kapsul cacing tanah yang dilakukan dengan sistem higroscopy dengan cara menyerap kandungan air cacing tanah menggunakan kain kasa. Selain cara diatas, ada juga cara pengolahan cacing tanah yang lain. Berikut langkah-langkahnya:
1    .      Carilah cacing tanah berwarna merah dan kecil seperti umpan memancing ikan. Jangan mencari cacing tanah yang hitam dan besar.
2    .      Lalu bersihkan hingga semua kotoran dan tanah hilang dari tubuh cacing tersebut.
3    .      Setelah itu, tuangkan air kira-kira 3 gelas untuk diminum 3 kali sehari.
4    .      Masukkan cacing tanah dan rebus hingga mendidih.
5    .      Setelah mendidih, saring dan ambil airnya saja.
6    .      Lalu dinginkan sejenak atau bisa diminum dalam keadaan masih hangat.

Demikian sedikit ulasan mengenai fakta bahwa cacing tanah dapat menyembuhkan penyakit tifus. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.

Author: ISHARDINA KHOLIFATUL HIDAYATI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel