Iklan Responsif

Bagaimana Dampak Fisik dan Psikis Pengguna Narkoba?

Narkoba 

Sekarang telah terjadi banyak sekali penyalagunaan narkoba. Banyak sekali jenis narkoba yang beredar di pasaran, contohnya sabu-sabu, ganja, pil koplo, dan ekstasi. Penyalahgunaan obat tersebut sangat berbahaya karena bisa mempengaruhi kinerja otak, dan bisa mengakibatkan ketagihan dan ketergantungan. Efek narkoba  akan menimbulkan perubahan perilaku, persepsi, perasaan, dan kesadaran.

Bagaimana Dampak Fisik dan Psikis Pengguna Narkoba?

Pengertian Narkoba

Narkoba ialah kepanjangan dari narkotika dan obat atau bahan berbahaya, istilah lain selain narkoba  adalah Napza yaitu singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif. Narikotika atau Napza adalah adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis  atau semi sintetis yang bisa menyebabkan perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri, dan menimbulkan ketergantungan.

Efek dari penyalahgunaan narkoba 

Efek dari penyalahgunaan narkoba di bedakan menjadi tiga, yaitu :
1. Depresan, adalah menekan sistem pusat syaraf dan berkurangnya aktifitas fungsional tubuh sehingga terlihat lebih tenang, bahkan bisa sampai membuat tidur tak sadarkan diri, bila melebihi dosis akan mengakibatkan kematian. Jenis-jenis narkoba  depresan adalah opioda, morphin heroin, putaw.

2. Stimulan, merangsang fungsi tubuh dan meningkatkan kegairahan serta kesadaran. Jenis-jenis stimulant adalah kafein, kokain, amphetamin. Yang sering digunakan adalah shabu-shabu dan Ekstasi.

3. Halusinogen, adalah mengubah daya persepsi atau bisa mengakibatkan halusinasi. Halusinogen berasal dari semacam mescaline dari kaktus dan psilocybin dari jamur. Yang paling sering dikonsumsi adalah marijuana atau ganja.

Ciri-ciri pengguna narkoba adalah sering mengalami perubahan suasana hati, depresi, euphoria, sering melakukan tindakan kriminal, mudah terserang penyakit, kondisi kesehatan fisik kronis, memiliki perasaan bersalah dan malu, suka halusinasi dan dendusi, kemampuan menikmati kesenangan menurun.


Dampak Fisik Terhadap Pengguna Narkoba


  1. Terdapat angguan pada system syaraf (neurologis) seperti kejang-kejang, kerusakan syaraf tepi, halusinasi, gangguan kesadaran.
  2. Terdapat gangguan pada paru-paru (pulmoner) seperti pengerasan jaringan paru-paru, penekanan fungsi pernapasan, kesukaran bernafas, 
  3. Sering sakit kepala, mual dan  muntah, sakit perut, pengecilan hati, suhu tubuh meningkat, dan sulit tidur.
  4. Dampak kesehatan reproduksi adalah gangguan padaendokrin, seperti penurunan fungsi hormon reproduksi (testosterone, estrogen, progesteron), serta gangguan fungsi seksual.
  5. Terdapat gangguan pada kulit (dermatologis) seperti alergi, penanahan  (abses), eksim.
  6. Dampak kesehatan reproduksi pada remaja perempuan antara lain ketidakteraturan menstruasi, perubahan periode menstruasi, dan amenorhoe (tidak haid).
  7. Terdapat gangguan pada jantung dan pembuluh  darah (kardiovaskuler) seperti gangguan peredaran darah, infeksi akut otot jantung.
  8. Bagi pengguna narkoba melalui jarum suntik secara bergantian, risikonya  adalah tertular penyakit seperti hepatitis B, C, dan HIV yang hingga saat ini belum ada obatnya.
  9. Penyalahgunaan narkoba bisa berakibat fatal ketika terjadi over dosis bisa menyebabkan kematian.


Dampak Psikologis Terhadap Pengguna Narkoba


  1. Lamban dalam bekerja, ceroboh saat melakukan pekerjaan, sering tegang dan gelisah
  2. Tidak percaya diri, suka mengkhayal, penuh dengan kecurigaan, apatis
  3. Menjadi ganas dan memiliki tingkah laku yang brutal, agitatif
  4. Susah untuk berkonsentrasi, perasaan selalu kesal dan tertekan
  5. Cenderung menyakiti diri sendiri, perasaan tidak aman, bahkan bisa melakukan bunuh diri


Dampak fisik dan psikis sangat berhubungan erat. Ketergantungan akan mengakibatkan rasa sakit terhadap fisik yang luar biasa atau bisa disebut dengan sakaw, sakaw terjadi ketika terjadi putus obat atau tidak mengkonsumsi narkoba dan dorongan psikologis berupa keinginan yang sangat kuat untuk mengkonsumsi narkoba.

Dampak fisik dan psikis ini juga berkaitan dengan dampak sosial yaitu seperti berbohong, mencuri, menjadi orang yang suka marah, manipulatif.

Begitulah penjelas tetang dampak dari seorang pecandu narkoba yang dilihat dari dampak fisik dan dampak psikis. Sekian artikel saya kali ini. Semoa dapat menambah wawasan pembaca.

Penulis: Nuril Fitri Amaliyah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel