Iklan Responsif

Posisi Duduk yang Salah Dapat Mengakibatkan Kelainan pada Tulang


Posisi Duduk

Pengertian Duduk

Duduk adalah posisi dimana seseorang meletakkan tubuhnya dengan bertumpu pada pantatnya. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak kegiatan yang kita lakukan yang berhubungan dengan posisi duduk, contohnya yaitu ketika belajar di sekolah, ketika bekerja di kantor, ketika mengendarai sepeda motor ataupun mengendarai mobil. Dan masih banyak lagi hal yang kita lakukan sehari-hari dengan posisi duduk.
Posisi Duduk yang Salah Dapat Mengakibatkan Kelainan pada Tulang

Kelainan pada tulang

Duduk dengan jangka waktu yang panjang dapat mengakibatkan kelainan pada tulang belakang kita, apalagi jika posisi duduk yang kita lakukan tidak sesuai. Posisi duduk yang benar yaitu tegak lurus, tidak boleh terlalu membungkuk ke depan ataupun membungkuk ke belakang. Jika itu terjadi, maka kelainan pada tulang belakang akan terjadi pada kita. Kelainan pada tulang belakang tentu akan mempengaruhi postur dan bentuk tubuh kita.

Tulang Belakang

Sebelum kita membahas lebih lanjut apa saja kelainan-kelainan pada tulang belakang, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu tulang belakang. Tulang belakang merupakan salah satu bagian terkuat pada tubuh. Tulang belakang adalah bagian tubuh vital yang berfungsi untuk menopang berat badan ataumenyokong tubuh bagian atas.
Tulang belakang manusia terdiri atas 33 ruas tulang yang tersusun sejajar dan saling bersambungan, mulai dari bagian leher (bagian bawah tengkorak) sampai bagian panggul. 33 ruas tulang belakang ini terbagi dalam beberapa bagian, mulai dari 4 ruas tulang ekor, 5 ruas tulang sacral, 5 ruas tulang lumbal, 12 ruas tulang dada, dan 7 ruas tulang leher. Diantara ruas-ruas tulang initerdapat beberapa tumpukan tulang kecil yang masing-masing ditumpu oleh piringan sendi yang berfungsi sebagai penghubung dan penyeimbang antar ruas belakang.

Faktor kelainan tulang

Kelainan pada tulang belakang tidak hanya disebabkan oleh faktor kesalahan pada posisi duduk saja, melainkan ada beberapa faktor lain yang juga bisa menyebabkan terjadinya kelainan tersebut. Seperti faktor genetik atau turunan, kelainan bawaan, cacat lahir, kecelakaan/infeksi, dan lain sebagainya.

Jenis kelainan pada tulang belakang antara lain

Berikut adalah macam-macam kelainan yang biasanya terjadinya pada tulang belakang, antara lain yaitu :
1.      Kifosis
Kifosis adalah suatu keadaan tulang belakang dimana tulang tersebut terlalu bengkok ke belakang. Tulang punggung yang mengalami kifosis seperti ini biasanya disebabkan karena pola duduk yang terlalu sering membungkuk.

2.      Lordosis
Lordosis adalah suatu keadaan tulang belakang dimana tulang tersebut terlalu bengkok ke depan. Biasanya tulang belakang yang mengalami lordosis ini disebabkan karena pola duduk/berdiri yang sering membusungkan dada ke depan.

3.      Skoliosis
Skoliosis merupakan suatu kondisi tulang belakang dimana tulang tersebut terlalu bengkok ke kanan atau ke kiri. Tulang belakang yang mengalami skoliosis ini biasanya disebabkan karena pola duduk yang sering pada posisi miring. Selain itu juga karena sering mengangkat beban yang terlalu berat pada salah satu bahu ataupun lengan.

Oleh karena itu, untuk meminimalisir kelainan pada tulang belakang, kita harus melakukan beberapa cara, antara lain yaitu :
1.      Menjaga dan memelihara sikap tubuh yang benar
2.      Menjaga kestabilan posisi duduk dan berdiri, yaitu dengan posisi tubuh yang tegak lurus, tidak terlalu membungkuk ke belakang dan tidak juga membungkuk ke depan
3.      Tidak mengangkat beban yang terlalu berat pada salah satu bahu/lengan
4.      Mengkonsumsi makanan bergizi, terutama makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium

Demikian penjelasan tentang macam-macam kelainan pada tulang belakang beserta dengan cara meminimalisir terjadinya kelainan tulang belakang. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita semua. Sekian dan terimakasih

Author: DAWIL ULYATUL UMAMI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel