Iklan Responsif

Pentingnya Kualitas Pendidikan di Indonesia

KUALITAS PENDIDIKAN INDONESIA 

DIZAMAN SERBA MAJU 

Pentingnya Kualitas Pendidikan di Indonesia

Pendidikan Indonesia dari zaman dahulu hingga sekarang tidak bisa telepas dari yang namanya permasalahan, justru dari tahun ke tahun permasalahan tersebut semakin meningkat dan belum dapat teratasi. Untuk saat ini kualitas pendidikan di Indonesia sangat memperhatinkan. Hal ini dilihat dari data yang telah dikumpulkan oleh UNESCO pada tahun 2000 tentang peringkat pengembangan manusia (Human Development Indext) yang menyatakan bahwa peringkat pencapaian pendidikan,kesehatan,dan penghasilan per individu indonesia menempati peringkat 109, peringkat ini menurun drastis jika di bandingkan pada tahun 1996 yang menempati peringkat ke 99. Dimana Pememrintah harus segera mengambil sebuah kebijakan agar untuk kedepannya peringkat tersebut tidak semakin menurun.

Perkembangan dunia di era globalisasi yang semakin cepat mempengaruhi segala bidang apapun dalam kehidupan kita. Juga banyak menuntut agar segeranya terjadi sebuah perubahan sistem pendidikan nasional yang lebih baik dan efesiensi dalam  kegiatan belajar mengajar disekolah serta dapat menghasilkan lulusan yang dapat bersaing sehat dalam segala bidang apapun. 

Cara tersebut adalah salah satu tindakan agar Indonesia tidak semakin mengalami ketertinggalan oleh negara-negara lainnya, kita bisa lihat salah satu contohnya adalah negara tetangga kita yaitu Singapura, Singapura yang dulunya masih menjadi negara kecil yang menjadi jajahan Inggris sekarang telah menjadi sebuah negara yang maju dan di juluki sebagai Macan Asia. 

Hal ini dikarenakan negara Singapura telah merubah total sistem pendidikannya dari cara tradisional menuju cara yang lebih modern. Dinegara tersebut siswa lebih aktif pada kegiatan belajar di luar kelas/praktek daripada kegiatan didalam kelas. Itu bisa diketahui dari banyaknya pemerintah Singapura mendirikan science center untuk menunjang keilmuan yang dimiliki oleh siswa disana,sehingga kegiatan  belajar mengajar disekolah menjadi lebih efesien dan menyenangkan tanpa menguras banyak biaya dan  waktu.

Adapun beberapa penyebab rendahnya kuallitas pendidikan di Indonesia antara lain:
1. Rendahnya kualitas guru
2. Rendahnya infrastuktur/ sarana fisik di sekolah
3. Rendahnya kesejateraan guru
4. Rendahnya   prestasi siswa
5. Rendahnya semangat belajar siswa untuk memahami materi yang telah disampaikan
6. Rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan terutama didaerah pelosok yang jauh dari pusat kota
7. Rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan
8. Mahalnya biaya pendidikan yang menyebabkan siswa yang tidak mampu tidak ingin melanjutkan sekolah

Pelaksanaan proses pendidikan tak akan bisa terlepas dari adanya tujuan pendidikan yang terdapat pada pembukaan Un dang-Undang Dasar tahun 1945 yang berbunyi “Mencerdaskan kehidupan Bangsa” yang artinya seluruh warga negara Indonesia haruslah bisa mengenyam bangku pendidikan tanpa terkecuali. Dikarenakan bangsa Indonesia ini didirikan oleh kalangan akademis yang mengetahui tentang pentingnya kemerdekaan Indonesia dari penjajahan negara lain. Oleh sebab itu para pendiri bangsa tidak ingin bangsa Indonesia mengalami kebodohan yang berakibat pada mudah terpecah belahnya bangsa yang memiliki berbagai perbedaan dan keaneragaman adat dan suku ini.

Pemerintahan harus melakukan tindakan cepat untuk mengatasi berbagai permasalahan yang sedang dihadapi pada bidang pendidikan saat ini, seiring semakin berkembangnya zaman Indonesia akan terus membutuhkan sumber daya manusia yang terampil,kreatif,inovatif,dan mampu bersaing agar angka pengangguran dan kemiskinan bisa semakin turun setiap tahun. Maka diperlukan dialog khusus antara pemerintah dengan sekolah serta masyarakat agar saling berperan dan berkerja sama semaksimal mumgkin agar pendidikan di negara Indonesia ini semakin  maju dan mampu bersanding dengan negara-negara lain.


Penulis : M.Sokhibul Kafii


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel