Iklan Responsif

Bantuan Pendidikan Salah Sasaran

Pengertian Pendidikan

Pendidikan adalah tonggak kemajuan bangsa. Menjadi bangsa yang maju dan berkembang tentu merupakan keinginan dan cita - cita yang ingin digapai oleh setiap negara – negara di dunia. Sudah menjadi suatu rahasia umum bahwa maju tidaknya suatu negara di pengaruhi oleh faktor pendidikan. Pendidikan merupakan proses mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas. 

Indonesia adalah salah satu negara yang dalam proses berkembang di dunia yang masih mempunyai masalah besar dalam dunia pendidikan. Kita mempunyai tujuan bernegara yang sesuai dengan apa yang tertera dalam undang – undang dasar 1945 alenia 4 yang berbunyi ”mencerdaskan kehidupan bangsa” yang seharusnya jadi sumbu perkembangan pembangunan kesejahteraan dan kebudayaan bangsa. Saat ini, pendidikan indonesia tidak sepenuhnya baik. 

Bantuan Pendidikan Salah Sasaran

Permasalahan Pendidikan

Banyak sekali masalah yang ada dalam pendidikan indonesia. Hal tersebut disebabkan oleh macam macam hal, salah satunya adalah bantuan pendidikan salah sasaran. Di dalam pemerintahan indonesia, dana untuk pendidikan sudah disediakan. Dana pendidikan tersebut digunakan untuk macam macam keperluan seperti pelaksanaan pendidikan, sarana dan prasarana pendidikan, dan juga untuk bantuan pendidikan bagi yang kurang mampu. 

Karena negara kita masih berkembang, maka yang kita rasakan sekarang adalah masih adanya ketertinggalan didalam mutu pendidikan. Rendahnya mutu pendidikan menghambat penyediaan sumber daya menusia yang mempunyai keahlian dan keterampilan untuk memenuhi pembangunan bangsa di berbagai bidang. Banyak faktor dan masalah yang menyebabkan pendidikan di indonesia tidak bisa berkembang, salah satunya adalah mahalnya biaya pendidikan. 

Pendidikan di indonesia menjadi sangat sulit bagi mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan. Karena mayoritas penduduk indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan mengakibatkan terbengkalai nya mereka dalam hal pendidikan. Selain kemauan mereka yang tidak pernah tumbuh dan sadar akan pendidikan, faktor ekonomi menjadi alasan utama  mereka untuk tidak menyentuh dunia pendidikan.

Adanya bantuan dari pemerintah sebenarnya bisa membantu mereka yang sulit untuk mengenyam pendidikan sedikit demi sedikit. Tetapi, banyak oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab. Saat ini banyak sekali yang menyalahgunakan bantuan pendidikan yang diberikan oleh pemerintah. Orang yang kurang mampu malah tidak ikut merasakan bantuan pedidikan dari pemerintah. Bantuan pendidikan ini manfaatkan oleh orang yang sebenarnya tidak layak mendapatkan bantuan penddikan tersebut. Sekarang, surat keterangan tidak mampu sangat mudah dipalsukan. 

Sehingga orang yang hidup dalam kecukupan juga bisa merekayasa dan mendapat bantuan pendidikan dari pemerintah yang seharusnya diterima oleh orang yang tidak mampu dalam hal finansial. Sebagai dampaknya, banyak siswa yang kesulitan untuk bersekolah bahkan unruk berkuliah. Mahasiswa yang tidak memiliki bantuan biaya dari pemerintah, akan merasa bimbang antara kuliah atau bekerja untuk membantu memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya. Jika hanya mengandalkan progam pendidikan gratis yang diberikan oleh pemerintah, itu tidak akan cukup untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di indonesia. 

Pemerintah sudah mencanangkan pendidikan gratis dan bahkan pendidikan wajib 12 tahun, akan tetapi biaya-biaya lain yang harus di tangguh oleh para siswa tidaklah gratis. Biaya untuk perjalanan ke sekolah, membeli buku, seragam, dan peralatan sekolah lainnya tidak murah. Mereka harus memikirkan biaya lain selain biaya pendidikan yang bahkan lebih mahal di bandingkan biaya pendidikan itu sendiri. Selain itu, biaya hidup yang semakin meninggi terkadang membuat masyarakat lebih memilih untuk bekerja mencari nafkah dibanding harus melanjutkan pendidikannya


Penulis : Fajaria Meli S


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel