Iklan Responsif

Contoh Permasalahan Pendidikan di Indonesia

Pendidikan merupakan kebutuhan primer setiap orang. Pendidikan juga merupakan sebagai titik acuan suatu negara apakah negara tersebut maju dan berkembang. Kerena semakin baik pendidikan suatu negara maka kualitas negara tersebut akan sudah dipastikan baik. Ketika suatu negara memiliki permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan pendidikan, sebaiknya cepat diselesaikan. Karena suatu masalah kecil yang menghambat akan menjadi sebuah masalah besar di kemudian hari. Berikut adalah beberapa permasalahan pendidikan yang terjadi di Indonesia. Pertama, mahalnya pendidikan di Indonesia. 
Contoh Permasalahan Pendidikan di Indonesia

Mahalnya pendidikan ini merupakan salah satu faktor permaslaah pendidikan di Indonesia. Hal ini menjadi faktor utama bagi orang-orang yang berada pada garis kemiskinan. Mereka disibukkan dengan bagaimana cara menghidupi kehidupannya masing-masing. Karena pihak dari orang tua sudah tidak lagi menyanggupi biaya sekolah anaknya. Sehingga banyak gelandangn dan pengamen jalan adalah anak-anak. Mereka dipaksa untuk mencari uang agar bisa melanjutkan hidup. Kedua, fasilitas pendidikan yang kurang memadai. Fasilitas yang kurang memadai ini menjadai faktor permasalahan di Indonesia. Banyak bangunan-bangunan sekolah yang sudah tidak layak lagi untuk dijadikan tempat pembelajaran. 

Menurut menti keuangan Sri Mulyani “….di daerah-daerah masih ditemukan lebih dari 200.000 ruang kelas yang rusak, padahal hal tersebut sudah diidentifikasi sejak 10 tahun yang lalu”. Tidak hanya bangunan saja, perlengkapan untuk proses pembelajaran juga banyak tidak terpenuhi. Seperti, meja, kursi, papan tulis serta perlengkapan teknologi dan alat-alat penunjang lainnya yang mengakibatkan kurang optimalnya pendidikan di Indonesia. Ketiga, banyaknya guru yang tidak terlatih. 

Guru menjadi faktor penting dalam permasalahan pendidikan, karena Guru adalah seorang penyampai dan mengajarkan ilmu pengetahuannya kepada anak-anaknya. Tugas utama guru adalah sebagi pedidik, pengajar, pembimbing menilai dan mengevaluasi. Ketika guru dalam penyampaian ilmunya tidak terlatih atau bisa dikatakatn kurang profesional akan membuat anak-anak didiknya akan merasakan bahwa mereka kurang dalam mendapatkan ilmu pengetahuan. Sehingga sebaiknya permasalahan tersebut segera diselesaikan. Karena tujuan pendidikan sendiri adalah menciptakan generasi baru yang diharapkan akan lebih unggul. Keempat, kurangnya bahan belajar. Bahan ajar menjadi faktor penting bagi peserta didik. 

Hal yang masih menjadi masalah di Indonesia adalah banyaknya anak-anak yang mesih belum mendapatkan buku pelajaran untuk mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas. Karena, dalam pembelajaran yang optimal siswa membutuhkan buku pelajaran, pelatihan, dan berbagai fasislitas yang menunjang aktivitas belajar yang lebih baik. Bukan hanya sekedar seorang siswa yang membutuhkan bahan ajar, seorang guru juga membutuhkan bahan ajar sehingga tersampailah ilmu pengetahuan seorang guru kepada anak-anak didiknya. Permasalahan-permasalahan pendidikan di Indonesia ini sebtulnya masih bisa diaatasi. 

Disini, peran pemerintah sangat diharapkan untuk membentu menyelesaikan permaslahan pendidikan tersebut. Pemerinta seharusnya membentuk sekolah-sekolah gratis lebih banyak lagi dan mengurangi biaya yang harus dibayarkan dengan cara membrtikan buku-buku gratis kepada seluruh peserta didik. Dengan hal begitu dapat mengurangi jumlah gelandangan dan pengamen dijalan serta peserta didik akan tidak merasakan kekurangan bahan ajar. Selain itu pemerintah juga harus memperbaiki dan melengkapi fasilitas sarana prasaran dalam menunjang proses pembelajaran. 

Bukan hanya pemerintah, peran orang tua juga penting dalam pendidikan. Orang tua yang baik akan berusaha untuk pendidikan anaknya. Memberikan motivasi dan semngat dalam mencari ilmu ini sangat penting bagi peserta didik. Dan yang yang terakhir adalah kemauan seoarang anak untuk mencari ilmu. Hal ini menjadi sangat penting dalam proses pembelajaran, karena ketika sesorang tidak memiliki kemauan dalam mencari ilmu, akan menjadi sulit dalam proses penyampaian ilmu pengetahuan seorang guru kepada anak didiknya. 

Kata kunci : guru, orang tua, pemerintah, pendidikan, pembelajaran, permasalahan.


Penulis : Adinda Choirunnisa'


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel