Jenis Permasalahan Pendidikan di Indonesia

Jenis Permasalahan Pendidikan di Indonesia


Permasalahan teoritis di Indonesia diakibatkan oleh perbedaan konsep dari ilmu-ilmu yang mendukung dalam proses pendidikan. Contoh dari masalah teoritis adalah kesalahan pemilihan metode pembelajaran, masalah sistem pendidikan yang digunakan, dan lain sebagainya.

Permasalahan praktis timbul akibat kondisi dan tuntutan dari faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pelaksanaan pendidikan, diantaranya perkembangan IPTEKS yang semakin cepat, pertambahan penduduk yang tidak seimbang, peningkatan aspirasi masyarakat, kekurangan dana, belum adanya system manajemen pendidikan yang mantap, dan munculnya konsep-konsep baru yang dulu belum mendapatkan perhatian cukup.

Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pendidikan di Indonesia diantaranya pemerataan memperoleh pendidikan, peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan, serta perbaikan manajemen pendidikan.

Jenis Permasalahan Pendidikan di Indonesia

Daftar Pustaka

Roesminingsih dan Susarno, l. H. 2005. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya : Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel