Iklan Responsif

Pentingnya Fasilatas Pendidikan

Fasilitas Pendidikan

Seringkali kita jumpai pada sekolah sekolah yang ada di negara kita memiliki fasilitas yang minim, bahkan ada juga sekolah dengan keadaan yang sangat memprihatinkan atas kurangnya fasilitas pada sekolah. Padahal adanya fasilitas dapat mempengaruhi cara belajar dan berfikir peserta didik selama proses pembelajaran.

Pentingnya Fasilatas Pendidikan


Tetapi, tidak jarang pada sekolah dengan minim fasilitas terdapat siswa siswi yang memilki jiwa semangat tinggi untuk menuntut ilmu di sekolah. Seperti pada sekolah sekolah yang berada pada luar Pulau Jawa, terutama pada daerah timur masih banyak sekolah yang belum terpenuhi fasilitasnya. 

Padahal seluruh anak bangsa harus mendapatkan pendidikan yang layak dari pemerintah, karena  mereka adalah manusia-manusia yang akan merubah kehidupaan bangsa menjadi lebih baik dan  membawa Indonesia pada era kemajuan zaman.

Pemerintah seharusnya sudah memikirkan dengan cepat bagaimana seluruh anak Indonesia mendapatkan pendidikan dengan fasilitas yang layak. Dengan demikian, pastinya seluruh anak bangsa dapat menuangkan segala ide dan gagasan mereka melalui fasilitas yang diberikan oleh pemerintah yang akhirnya juga dapat memicu perkembangan proses pendidikan yang ada di Indonesia. 

Apa saja sih fasilitas yang sangat penting buat pendidikan di Indonesia apalagi dalam proses pembelajarannya? Mengapa fasilitas tersebut sangat diperlukan bagi dalam proses pembelajaran?

Bangku Pada Ruang Kelas

Bangku pada kelas yang terdiri atas meja dan kursi merupakan salah satu benda yang sangat penting berada di ruang kelas untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang sedang dilaksanakan. Bangku sekolah menjadi fasilitas penting yang harus disediakan oleh sekolah dan pemerintah. Meja dan kursi yang digunakan dalam proses pembelajaran harus memiliki standar yang baik agar para siswa nyaman ketika mendengarkan guru yang menjelaskan materi pembelajaran. Bangku yang sesuai standar adalah bangku yang nyaman dan masih layak untuk digunakan para siswanya.

Papan Tulis

Pentingnya papan tulis untuk menunjang kebutuhan para siswa maupun guru di sekolah karena guru membutuhkan papan tulis ketika menjelaskan materi pelajaran yang menggunakan perhitungan angka dll. Siswa pun akan lebih paham jika diterangkan apabila guru yang menjelaskan juga menggunakan metode metode yang mudah dipahami seperi halnya ditulis pada papan tulis, karena jika seorang guru hanya mengandalkan bicara saja saat menerangkan akan membuat siswa sulit paham dan akhirnya lebih memilih untuk dijelaskan dengan praktik. Seperti mengerjakan contoh soal fisika, matematika, maupun kimia harus diterangkan pada papan tulis agar para siswanya jauh lebih paham. Kalau tidak ada papan tulis, tetapi menggunakan teknologi yang lebih baik lagi maka akan membuat siswa semakin mudah untuk memahami. Untuk penunjang papan tulis sendiri dibutuhkan spidol hitam bukan permanen ataupun kapur tulis dan penghapus papan tulis.

Laboratorium

Pada sekolah - sekolah menengah ke atas khususnya untuk Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Dalam laboratorim para siswa dapat mempelajari lebih detail dengan praktikum dan pengamatan yang dilakukan. Ini membuat siswa lebih mengerti dan mengetahui mengenai suatu fakta yang terjadi dalam kehidupan. Ruang laboratorium yang memadai sangat dibutuhkan pada sekolah SMP sederajat maupun SMA sederajat untuk membantu meningkatkan kualitas belajar siswa sehari – hari.

Ruang Kelas Yang Baik

Ruang kelas dengan keadaan yang baik membuat siswa lebih senang ketika melakukan pembelajaran di dalam kelas. Dalam ruang kelas yang harus sangat diperhatikan yaitu lantai, dinding, atap, dan jendela. Karena apabila bebearapa hal penting dalam kelas tersebut tidak diperhatikan akan membuat ruang kelas terlihat kumuh. Bersihmya ruang kelas dan tidak adanya kerusakan dapat meningkatkan kenyamanan siswa berada di kelas.

LCD Proyektor

Ketika zaman sudah semakin modern dan mulai akrab dengan teknologi, LCD Proyektor yang disediakan oleh sekolah sangat dibutuhkan seorang guru untuk berlangsungnya proses pembelajaran. Agar membuat siswa tidak jenuh dengan materi yang ada, model pembelajaran dapat diselingi dengan penggunaan power point atau menontonn video pembelajaran menggunakan LCD Proyektor. Dengan teknologi ini pun dapat menambah wawasan siswa menjadi lebih berkembang.

Perpustakaan

Walaupun saat ini sudah banyak sekolah yang memiliki perpustakaan digital dengan segala kelebihannya, tetapi perpusatakaan biasa dengan banyak buku di dalamnya akan membuat siswa menjadi lebih aktif dan tidak menjadi anak pemalas. Ketika banyak orang yang sudah akrab dengan teknologi dan akhirnya pemerintah membuat perpustakaan digital untuk masyarakat Indonesia, namun keberadaan perpustakaan biasa tetap sangat dibutuhkan bagi para siswa terutama anak sekolah dasar. Karena pada dasarnya penggunaan teknologi yang tinggi dengan radiasi yang berlebih secara terus-menerus akan mengganggu kesehatan orang tersebut seiring berjalannya waktu. Ilmu dari buku pun tak kalah ketinggalan dari materi yang disediakan oleh internet.

Pentingnya Fasilatas PendidikanItulah beberapa fasilitas penting yang sangat dibutuhkan para siswa di Indonesia. Berdasarkan pengamatan dan berita yang ada, memang faktor fasilitas menjadi kebutuhan primer bagi siswa untuk meningkatkan keaktifan dan perkembangan siswa untuk dapat memajukan kesejahteraan Indonesia dengan memanfaatkan fasilitas sebaik mungkin dari pemerintah.

Penulis : Riza Azizah Pratami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel