Iklan Responsif

Pentingnya Menanamkan karakter Sejak Dini

Materi Pentingnya Menanamkan karakter Sejak Dini

Pentingnya Menanamkan karakter Sejak Dini


Pendidikan karakter adalah pendidikan yang melatih watak kita agar mengerti hal yang baik dan buruk dan ini sangat penting bagi anak-anak yang masih dalam lingkup pendidikan. Pendidikan ini dijadikan sebagai wadah atau tempat untuk membentuk pribadi anak supaya menjadi pribadi yang baik. Sebagai tenaga pendidik seorang guru juga perlu memberikan contoh perilaku yang baik kepada siswa, karena perilaku guru merupakan teladan bagi anak didik. 

Dalam lingkup pendidikan memang pendidikan watak sangat di perlukan untuk siswa yang bertujuan untuk menciptakan pribadi yang baik dan bisa menghormati orang lain terutama orang yang lebih tua dari pada kita. Pendidikan karater memiliki tujuan untuk membentuk kepribadian seseorang agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dalam lingkup pendidikan, pendidikan karakter memang  penting bagi siapapun terutama bagi peserta didik, karena ini  bekal mereka untuk masa yang akan datangnya, dan untuk saat dia bekerydan sudah terjum dalam dunia politik. 

 Tetapi zaman sekarang pendidikan sering mengajarkan berpikir menggunakan otak kiri daripada otak kanan. Dan proses belajar juga berlangsung secara pasif sehingga menyebabkan peserta didik menjadi jenuh bahkan ada juga yang tidur di dalam kelas. Pendidikan karakter seperti budi pekerti, ternyata ini  lebih menekankan berpikir dengan otak kiri yang hanya bekerja untuk bisa menghafalkan dan tidak paham maksudnya. Secara tidak langsung pendidikan yang menyerupai ini bisa mematikan karakter anak bangsa menjadi anak yang pasif tidak bisa mengembangkan sifat kreatif anak. Dengan adanya hal demikian kita sebagai calon guru bisa merubah pendidikan sekarang ini munuju pendidikan yang bermutu yang tidak hanya mengedepankan aspek kognitif saja tetapi juga harus memperhatikan sikap afektif dan psikomotoriknya juga.

Kita harus bisa menumbuhkan jiwa-jiwa yang berkarakter tinggi dan berpengetahuan luas, agar bisa membentuk manusia Indonesia yang bermoral, membentuk manusia Indonesia yang berpikir  cerdas dan rasional, membentuk manusia yang berpikir inovatif dan suka bekerja keras, selalu berpikir optimis dan percaya. Dengan demikian pendidikan yang dibutuhkan saat ini adalah pendidikan yang bisa mengoptimalkan perkembangan seluruh  anak. 

Dengan model pendidikan seperti ini bisa memengaruhi pembentukan  anak sebagai manusia yang pasif, padahal pendidikan yang di tuntut saat ini adalah pembelajaran yang menciptakan anak didik yang aktif (Student Centris) dalam suasana yang lebih demokratis, adil, manusiawi, menyenangkan, membangkitkan minat belajar, merangsang timbulnya inspirasi, imajinasi, kreasi, inovatif dan semangat hidup. Secara tidak langsung pendidik yang hanya mengedepankan aspek kognitif saja sudah membunuh karakter anak tanpa disadari. 

Dengan pembelajaran yang fokus terhadap peserta didik akan menjadikan kualitas menjadi unggul tidak namun juga dalam karakter yang dimilikinya. Anak yang unggul dalam karakter bisa berpengaruh terhadap lingkungan yang bisa menghadapi persoalan dan tantangan dalam hidupnya. Seharusnya pendidikan sekarang harus mengacu kepada peserta didik, dan sebagai calon guru kita harus bisa membuat anak menjadi berfikir secara kritis. Dengan begitu kita secara tidak langsung bisa membantu menumbuhkan karakter anak untuk bisa berkreasi. 

Adanya pendidikan karakter ini membuat  generasi dimasa depan yang terjun dalam dunia politik akan terhindar dari nama atau tindakan seperti korupsi dan bisa menjadi pemimpin yang lebih mengedepankan rakyatnya. Sehingga bisa menjadi pemimpin yang baik untuk bangsa dan negeri. Dengan adanya pemimpin yang berkarakter baik ini bisa menjadikan negara kita aman dan terhindar dari korupsi. 

Karena majunya sebuah negara bisa dilihat dari pemimpin yang memimpin negara tersebut. Pemimpin yang diinginkan oleh rakyat adalah pemimpin yang memiliki sifat pemimpin yang benar artinya pemimpin yang benar-benar mementingkan kehidupan rakyatnya tanpa mengharapkan imbalan apapun, serta ucapan dan perbuatan harus sama. Yang ke dua yaitu pemimpin yang memepunyai sifat dapat dipercaya yang berarti pemimpin yang bisa melaksanakan atau mengemban amanat  yang sudah dipercayai dengan baik. Ke tiga pemimpin harus memiliki sifat yang dapat dipercaya, baik dan jujur. Dan ke empat pemimpin yang mempunyai sifat pemimpin yang cerdas baik dari segi pengetahuan maupun sikapnya, jadi ketika seseorang sudah memiliki ke empat sifat tersebut maka negara bisa menjadi negara yang memiliki kualitas baik dan unggul serta negara yang terhindar dari korupsi. Karena memiliki pemimpin yang berjiwa mulia.


Penulis : AIMMATUL AFIFAH

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel