Iklan Responsif

Perbedaan Kinerja Otak Kanan dan Otak Kiri

Kinerja Otak : Otak Kanan dan Otak Kiri

Perbedaan Kinerja Otak Kanan dan Otak Kiri

Halo bersama saya disini,  sekarang saya akan membahas tentang kinerja suatu otak dengan sudut pandang otak kanan dan otak kiri. sebelum kita bahas lebih lanjut mari kita pelajari secara singkat terlebih dahulu tentang otak manusia.

Otak besar (cerebrum)  yang terletak di atas batang otak merupakan bagian terbesar dari otak manusia bagian otak ini bertanggung jawab atas semua kegiatan intelektual seperti kemampuan berpikir menalar mengingat membayangkan serta merencanakan masa depan titik otak besar dibagi menjadi dua yaitu belahan otak kiri dan otak kanan. 

Masing-masing sisi mempunyai fungsi yang berbeda titik otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika rasio kemampuan menulis dan membaca serta merupakan pusat matematika titik bagian otak ini merupakan pengendali intelijen question titik daya ingat otak bagian ini bersifat jangka pendek. 

Sementara itu, otak kanan berfungsi dalam perkembangan emosional question titik seperti sosialisasi komunikasi interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi titik pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif merasakan memadukan dan ekspresi tubuh seperti menyanyi menari dan melukis perbedaan fungsi di belahan otak ini akan membentuk sifat karakteristik dan kemampuan yang berbeda pada seseorang.

Lalu belahan otak mana yang lebih baik tidak mudah untuk menjawab pertanyaan ini sebab masing-masing belahan mempunyai fungsi yang berbeda titik akan tetapi menurut para ahli Sebagian besar orang di dunia hidup dengan lebih mengandalkan otak kirinya para pengguna otak kiri pada umumnya lebih kuat dalam matematika titik mereka juga cenderung memiliki telinga kanan lebih tajam kaki dan tangan kanan mereka juga lebih tajam daripada tangan dan kaki kiri mereka Begitupun sebaliknya dengan para pengguna otak kanan.

Di sekitar kita mungkin ada orang yang pandai dalam ilmu pengetahuan, Tetapi tidak pandai bergaul. sebaliknya ada orang yang pandai bergaul, namun kurang pandai dalam ilmu pengetahuan titik kondisi yang demikian disebabkan oleh ketidakseimbangan antara otak kanan dan otak kiri idealnya otak kanan dan kiri harus seimbang dan berfungsi secara optimal orang yang otak kanan dan kiri seimbang bisa menjadi orang cerdas sekaligus pandai bergaul.

Perlunya Menyeimbangkan Kinerja Otak Kanan-Kiri

Otak kanan adalah area yang berkaitan dengan hal-hal yang bersifat artistik kreativitas perasaan emosi gaya bahasa Irama musik imajinasi khayalan warna pengenalan diri dan orang lain sosialisasi serta pengembangan kepribadian sementara otak kiri berkaitan dengan fungsi akademik yang terdiri atas kemampuan berbicara mengolah data bahasa baca tulis daya ingat logika angka analisis dan lain-lain.

Otak kanan dan otak kiri adalah potensi manusia yang harus diseimbangkan tidak boleh salah satu dikesampingkan keduanya menjadi kunci kesuksesan manusia dalam hidup karena itulah keduanya harus berjalan secara seimbang agar fungsi masing-masing belahan berjalan dan saling menguatkan jika hanya terfokus pada salah satu belahan maka belahan yang lain akan terhambat dalam menjalankan fungsinya.

Kedua belahan otak kanan dan kiri sama-sama penting orang yang memanfaatkan kedua belahan otak nya secara seimbang maka kegiatan belajarnya akan terasa sangat mudah titik penyimpangan kerja kedua belahan otak tentunya tidak sama dengan menggunakan paru-paru dalam setiap pekerjaan atau kegiatan makan tetapi penyimpangan yang dimaksudkan adalah mengaktifkan keduanya belahan otak kanan dan kiri saat melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan

Berikut adalah beberapa teknik yang dapat digunakan untuk menyeimbangkan otak kanan dan kiri
1. Mendengarkan Musik 
2. Menggunakan Kedua Bagian Tubuh Dengan Sama Baiknya
3.  Memberikan Stimulasi dan Kegiatan Beragam
4.  Menggunakan Alat Peraga dan Optimalisasi Panca Indra
5. Membiasakan Rapi dan Disiplin
6. Melatih Daya Tahan Terhadap Rasa Kecewa


Penulis : Aditya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel