Iklan Responsif

Tips Sukses Lulus UN

Persiapan Ujian Nasional 2019/2020

Tips Sukses UN

Pemerintah telah mengeluarkan jadwal Ujian nasional untuk SMA/MA melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Ujian nasional tahun ajaran 2019/2020 ini berbasis komputer atau biasa disebut UNBK (ujian nasional berbasis komputer). 

Jika ada sekolah yang belum bisa melakukan UNBK karena masih ada kendala-kendala tertentu, ujian nasional tetap bisa dilakukan yaitu berbasis kertas atau biasa disebut dengan UNKP (ujian nasional berbasis kertas dan pensil). Jadi semua siswa bisa melakukan ujian nasional. 

Surat edaran berisi jadwal untuk ujian nasional yang ditandatangani oleh Ketua BSNP Abdul Mu’ti pada 24 september 2019 ini meliputi :
1. UNBK SMK
2. UNBK SMA
3. UNBK paket B dan C
4. UNBK SMP
5. UNBK susulan
6. UNKP SMK
7. UNKP SMA
8. UNKP paket B dan C
9. UNKP SMP
10. Jadwal UN kesetaraan luar negeri 

Mendengar kata ujian nasional, membuat para siswa terutama siswa kelas 9 dan 12 merasa was-was. Hal ini terjadi karena para siswa menganggap bahwa soal-soal yang terdapat dalam ujian nasional sulit untuk dikerjakan. 

Belum lagi bagi siswa yang salah dalam mengambil UN sesuai bidangnya. Sebenarnya rasa was-was, resah, gelisah, khawatir, deg-deg an ini tidak akan muncul dalam pikiran para siswa jika mereka telah mempersiapkan hal-hal yang harus dipersiapkan dalam ujian nasional. 

Tips Sukses UN:

1. Jaga kesehatan

Memang benar bahwa kesehatan adalah harta yang paling mahal yang pernah kita miliki. Kondisi kesehatan tubuhmu sangat penting, jadi mulai sekarang makan makanan yang bergizi, jangan begadang dan rajinlah olah raga. Dengan tubuh yang sehat, maka kalian akan siap untuk menghadapi ujian nasional. 

2. Jaga pola tidur

Bagi yang suka begadang, dikurangi yaaa. Begadang adalah hal yang buruk bagi tubuh. Sering begadang akan menyebabkan otak dan tubuh menjadi lelah. Hal ini karena saat malam hari dimana seharusnya kita mengistirahatkan tubuh dan otak kita setelah seharian bekerja, tetapi malah kita gunakan untuk begadang. Efek lain yang ditimbulkan dari begadang adalah susah konsentrasi. Ketika begadang maka intensitas tidur akan berkurang, ini menyebabkan kalian mengantuk saat siang hari dan menyebabkan susahnya konsentrasi serta pusing.

3. Atur rencana belajar

Mulai sekarang coba atur jadwal belajar kamu. Buatlah catatan yang berisi apa saja yang harus kalian lakukan dalam hari ini, besok dan seterusnya. Buatlah target yang harus kalian capai. Dengan mengatur jadwal belajar,  maka kalian dapat disiplin terhadap waktu belajar kalian. 

4. Suasana belajar.

Buatlah suasana belajar kalian senyaman mungkin, sehingga kalian bisa betah dalam belajar dan tidak cepat bosan. Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda seperti contohnya ada yang fokus belajar jika suasananya sunyi, ada yang gaya belajarnya dengan mendengarkan musik, ada yang sambil ngemil atau ada yang gaya belajarnya hanya fokus di tempat-tempat tertentu. Kenalilah gaya belajar kalian, agar bisa menciptakan suasana belajar yang nyaman. 

5. Perbanyak latihan soal

Dengan sering berlatih mengerjakan soal, maka akan semakin terbiasa dengan soal-soal yang muncul. Dimana dari tahun ke tahun tipe soal tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Hal ini akan semakin memudahkan kalian dalam memperkirakan soal apakah yang mungkin akan muncul saat ujian nasional nanti. 

6. Konseling ke guru BK

Pernahkah kalian ke guru bk? Jika belum pernah, maka cobalah sesekali berbicara mengenai rencanamu kedepan kepada guru BK kalian. Dengan begitu maka kalian akan memperoleh saran dan masukan tentang apa yang harus kalian lakukan selanjutnya. Kalian juga akan mendapatkan arahan mengenai langkah apa yang harus kalian ambil kedepannya. 

7. Doa

Doa adalah kekuatan yang paling hebat. Selagi kalian berusaha jangan lupa diimbangi dengan doa agar lancar kedepannya. Jangan lupa juga minta restu kepada kedua orang tua. Karena doa orang tua itu sangat luar biasa. 

Yakinlah bahwa ujian nasional tidak sekejam yang kalian bayangkan. Jalani saja dengan usaha dan doa kalian. Kalian pasti bisa. Semangat....!


Penulis : Irma

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel