Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Share Hosting

 


Dalam dunia website, penting untuk memahami jenis-jenis hosting sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Memilih hosting tak bisa sembarangan, sebab akan berpengaruh pada keseluruhan aktivitas website. Salah satu jenis hosting yang banyak digunakan adalah share hosting. Kendati sudah lumrah digunakan, nyatanya masih banyak yang masih belum benar-benar mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan shared hosting.

 

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Seperti namanya, share hosting adalah pengadaan website yang dilakukan dengan sistem berbagi. Satu hosting akan digunakan untuk menunjang aktifitas beberapa website sekaligus. Agar lebih gampang dipahami, analogikan saja seperti Anda mengontrak di satu rumah (hosting) yang sama dengan beberapa orang teman. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangannya? Berikut bahasannya.

1.   Kelebihan

Berikut adalah kelebihan dari share hosting, yaitu:

·         Harga yang terjangkau

Seperti analogi yang telah dipaparkan di atas, share hosting sama seperti mengontrak sebuah rumah dengan beberapa teman. Dengan begini, beban pembayaran rumah juga akan dibagi dan ditanggung bersama, sehingga jadi lebih murah. Hal ini berlaku juga jika Anda menggunakan share hosting.

Karena menggunakan satu server yang sama dengan beberapa situs lain, maka biaya operasional yang Anda bayarkan akan menjadi lebih terjangkau, jika dibandingkan dengan menggunakan server sendiri.

·         Fokus pada pengelolaan website

kelebihan dan kekurangan shared hosting lainnya adalah pengelolaan hosting akan dilakukan oleh jasa penyedia. Anda tak perlu kerepotan untuk mengatur operasional hosting, sebab semuanya sudah ditangani. Tentu saja hal ini bisa membantu Anda untuk fokus pada pengelolaan website, tanpa harus terganggu dengan teknis hosting lainnya.

·         Cocok bagi pemula

Share hosting cocok bagi Anda yang baru mulai menjalankan website, karena semuanya serba mudah dan telah diatur oleh pihak penyedia server. Hal ini membebaskan Anda dari kekhawatiran mengenai penguasaan bahasa pemrograman. Anda bisa mengelola website dengan fokus pada penyediaan konten.

·         Perawatan yang sederhana

Merawat sebuah server hosting bukanlah hal yang mudah. Banyak pemrograman yang harus dipahami, dengan struktur yang kompleks. Untungnya kehadiran share hosting bisa menghapuskan kesukaran ini, dengan membebankan seluruh perawatan server pada pihak penyedia. Tentu saja hal ini menjadi kelebihan yang menguntungkan bagi Anda yang baru terjun ke dunia website, dengan pengalaman yang minim.

2.   Kekurangan

Selain kelebihan, share hosting juga memiliki kekurangan, yaitu:

·         Kontrol terbatas

Karena share hosting dijalankan oleh satu server, maka Anda memiliki kontrol yang terbatas terhadap hosting. Anda tidak memiliki andil yang penuh, sebab semuanya memang dijalankan dengan akses penuh yang hanya dimiliki oleh server pusat saja. Hal ini akan membatasi performa Anda dalam menjalankan website.

·         Keamanan rentan

Sama seperti rumah kontrakan yang dihuni oleh beberapa orang, share hosting juga memungkinkan akses bagi beberapa klien di saat bersamaan. Tak ayal jika kemudian keamanan yang dimiliki oleh hosting jenis ini menjadi lebih rentan.

·         Memiliki kemungkinan crash

Share hosting memiliki kelemahan pada sistem yang dijalankan. Karena memang satu wadah digunakan untuk banyak website yang dijalankan sekaligus, kemungkinan untuk terjadinya crash atau error memang relatif lebih tinggi.

Terlebih lagi jika website-website yang dijalankan memiliki traffic yang terbilang tinggi, maka server akan bekerja lebih keras, sehingga sangat berpotensi memunculkan kesalahan dalam sistem.

·         Pilihan aplikasi yang terbatas

kelebihan dan kekurangan shared hosting lainnya adalah terbatasnya aplikasi dan software yang bisa dipilih. Umumnya, Anda hanya bisa menggunakan yang disediakan oleh server saja tanpa bisa mencoba jenis lainnya. Di sisi lain, hal ini akan membatasi pemaksimalan website yang Anda jalankan.

Itulah kelebihan dan kekurangan shared hosting. Salah satu penyedia share hosting murah 2020 yang bisa Anda andalkan adalah Domainesia. Dengan layanan yang prima dan jaminan kepuasan klien, sangat cocok bagi Anda yang baru memulai ataupun ingin mengembangkan website.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel