Peluang Kerja Jurusan Informatika

 

Peluang Kerja Jurusan Informatika

Statistik tahun 2017 menunjukkan bahwa Indonesia memiliki 143, 26 Juta jiwa pengguna internet aktif atau mencapai 54 % dari jumlah keseluruhan rakyat Indonesia. Dengan fakta ini kita bisa mengetahui bahwa peluang penciptaan lapangan kerja pada bidang teknologi informasi sangatlah tinggi.

Apalagi dengan banyaknya instansi pendidikan yang menyediakan program studi teknik informatika. Bila ada yang menanyakan seperti apa peluang kerja lulusan teknik informatika tidak perlu khawatir, karena di artikel ini akan dibahas soal daftar peluang kerja lulusan teknik informatika terbaru 2021

Full Stack Developer

Profesi ini bisa diambil oleh fresh graduate jurusan teknik informatika. Profesi full stack menuntut berbagai kemampuan coding baik dari segi back end sampai front end. Seorang full Stack Developer harus bisa membuat dan merawat database, server, sistem dan lain sebagainya.

Untuk menjalani profesi full Stack Developer, kita harus sabar dan rajin mengupgrade kemampuan, karena dunia dan bahasa pemrograman akan selalu berkembang.

Front end developer

Rekomendasi kedua bagi para lulusan teknik informatika adalah bekerja sebagai front end developer. Profesi ini bertanggung jawab membuat program yang langsung berhubungan dengan pengalaman pengguna.

Berbeda dengan profesi full Stack Developer yang mengharuskan kita menguasai semua bidang pemrograman. Menjadi front end Developer memiliki kerja yang lebih mudah. Kita harus menguasai bahasa pemrograman seperti html, CSS, serta JavaScript.

Back end Developer

Jika seorang front end developer bertanggung jawab dengan sebuah tampilan pemrograman, lain halnya dengan back end Developer yang lebih bertugas memelihara sistem dari sebuah program. Seorang back end developer harus mempelajari bahasa pemrograman seperti PHP, Python, Ruby, NodeJs dan lainnya sebagainya.

Back end Developer harus rajin-rajin memaintenance server, database dari sebuah program agar terus berjalan lancar. Menurut situs Glassdoor seorang back end Developer akan mendapat gaji 115.000 $ per tahun.

Android Developer

Berhubung perkembangan sistem operasi android semakin meningkat maka diperlukan sumber daya yang bisa membuat, mengubah atau berinovasi dalam dunia android. Profesi yang bisa melakukan hal tersebut adalah android developer.

Android developer harus bisa menguasai bahasa pemrograman seperti Java, PHP, phyton dan sejenisnya untuk membuat sebuah aplikasi. Mungkin juga diperlukan kemampuan untuk menciptakan desain interface dari sebuah aplikasi. Android developer menjadi salah satu profesi yang paling dicari pada era industri 4.0.

Blogger

Bagi teman-teman lulusan teknik informatika yang juga memiliki pengetahuan soal blogging dan kepenulisan bisa memilih profesi sebagai blogger. Berbeda dengan profesi teknik informatika lainnya. Menjadi blogger tidak terlalu diwajibkan memiliki kemampuan coding yang tinggi.

Menjadi seorang blogger juga harus dilengkapi dengan pemahaman ilmu SEO (search engine optimization) yang baik agar blog kita bisa terlihat pada mesin pencari Google. Dengan demikian blog kita akan banyak dikunjungi. Kita bisa mendapat uang dari memasang iklan, menjual produk, atau menjual blog.

Enaknya, seorang blogger kerjanya tidak terikat waktu apalagi bos atau pimpinan. Bagi yang tidak suka diatur-atur maka pilihan ini yang paling tepat. Kapan lagi bisa bisnis sendiri dengan modal yang hampir gratis.

Sekian beberapa peluang kerja lulusan jurusan teknik informatika yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk baca terus artikel-artikel dari Media Ilmu (ilmiahku.com).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel