Peluang Kerja Lulusan Teknik Sipil

 

Peluang Kerja Lulusan Teknik Sipil

Peluang Kerja Lulusan Teknik Sipil - Apa yang terlintas di pikiran kita soal jurusan teknik sipil ?. Jurusan yang akan membuat kita mengerti soal tata cara membuat sarana publik seperti jalan raya, gedung pencakar langit, taman, jembatan dan lain sebagainya ?

Teknik sipil merupakan salah satu jurusan dalam bidang ilmu pengetahuan alam yang bisa kamu pilih sebagai jurusan, tentunya masuk dalam jurusan teknik. Salah satu pertimbangan utamanya kenapa harus memilih jurusan ini adalah adanya faktor ketersediaan lapangan kerjanya yang melimpah dan tak jarang yang bergaji tinggi.

Untuk lebih lengkapnya tentang peluang kerja jurusan teknik sipil bisa melihat sedikit kupasan di bawah ini.

Geotechnical Engineer

Profesi ini bisa dipilih Lulusan teknik sipil sebagai sumber mata pencaharian. Profesi ini akan menuntut kita mengawasi soal kondisi geologi permukaan tanah. Hal penting untuk dilakukan untuk dijadikan dasar pertimbangan dalam membangun sarana.

Seorang Geotechnical Engineering juga dituntut Handal dalam mengetahui struktur tanah, evaluasi tanah, dan intinya mampu membuat solusi tentang masalah tanah dan kaitannya soal pembangunan.

Fire Engineering

Dalam membuat sebuah bangunan, kita harus memastikan semua aspek keamanannya lancar terkendali. Salah satu profesi yang bertugas melakukan hal itu adalah fire Engineering. Profesi ini dibekali kompetensi untuk merangsang Bangunan agar aman dari masalah risiko api seperti kebakaran, konsleting listrik dan sejenisnya.

Fire Engineering merupakan profesi vital yang sangat diperlukan dalam dunia teknik sipil. Jika kamu memilih profesi ini, kemampuan multi disiplin juga perlu dibenahi karena profesi ini memerlukan kerja sama tim yang bagus.

Instruktur CAD

Seorang Lulusan Teknik Sipil yang juga memiliki kemampuan desain grafis yang bagus akan cocok untuk memilih profesi sebagai Instruktur CAD. Saat menjadi Instruktur CAD kita memiliki perangkat komputer dan aplikasi yang diperlukan untuk mendesain rancangan gedung baik model 2 D ataupun 3 D.

Desain prototipe yang dibuat instruktur CAD akan dijadikan bahan pertimbangan dalam membuat sarana dan prasarana sipil. Industri juga sangat membutuhkan keberanian profesi ini seperti industri otomotif, alat berat, pertambangan dan lain sebagainya.

Struktural Engineering

Profesi ini juga sangat pas untuk dicoba oleh lulusan teknik sipil. Struktural engineering akan mempelajari segala hasil tentang struktur bangunan. Struktur harus membuat sarana kuat, kokoh dan nyaman dipakai oleh semua orang.

Seorang struktural engineer juga harus memiliki kemampuan matematika yang baik agar menciptakan struktur bangunan yang baik.

Transporatation Engineering

Seorang lulusan teknik sipil juga bisa bekerja pada bidang transportasi lho, lebih tepatnya menjadi transportation Engineer. Profesi ini mempunyai tugas untuk merancang dan merealisasikan pembuatan sarana penunjang berjalannya moda transportasi.

Contoh karya dari seorang transportation engineer adalah bandara, jalan raya, rel kereta, pelabuhan dan semacamnya. Profesi ini biasanya bekerja pada kementerian pembangunan dan perusahaan pengembang transportasi.

Rail System Engineering

Profesi teknik sipil yang satu ini juga masih berhubungan dengan dunia transportasi terutama Mengurusi soal sistem kereta api. Seorang Rail System enginer akan bertanggung jawab agar moda kereta api berjalan dengan baik.

Mereka bisa merancang pemodelan rel, memperbaiki masalah teknis kereta api, membuat laporan  pengembangan dan inovasi dalam industri kereta api. Profesi ini biasanya dibutuhkan oleh kementerian perhubungan.

Nah itu tadi beberapa peluang kerja lulusan jurusan teknik sipil. Sebenarnya masih banyak lagi peluang kerja yang lainnya. Silakan tambahkan di kotak komentar bila berkenan. Sampai jumpa lagi di blog Media Ilmu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel