Destinasi Wisata Museum Kota Surabaya

Destinasi Wisata Museum Kota Surabaya - Surabaya adalah ibukota Jawa timur yang mempunyai banyak nilai sejarah. Banyak kisah kepahlawanan berasal dari kota ini, dan salah satu tokoh terkenal dari kota ini adalah bung Tomo.

Surabaya sangat cocok dijadikan tempat wisata karena memiliki cagar budaya yang bernilai sejarah. Banyak museum yang bisa kita dapati di kota pahlawan ini. Jika sobat tertarik simak artikel daftar wisata museum kota Surabaya berikut ini.

Museum wr Soepratman

Destinasi museum pertama yang wajib dikunjungi saat di kota Surabaya adalah museum Wr Soepratman. Museum ini dulunya merupakan rumah dari kakak Wr Soepratman yang bernama Rukiyem Supratijah.

Museum ini memiliki sejarah yang wajib dilestarikan. Tempat ini sering dijadikan tempat persembunyian wr Soepratman dari kejaran penjajah dan menjadi rumah tokoh pahlawan ini hingga akhir hayat.

Di depan bangunan museum terdapat patung wr Soepratman bermain biola, kita juga melihat koleksi foto wr Soepratman dan biola-biola yang dulu ia pakai.

Museum TNI Loka Jala Crana

Museum ini terlebih di jalan Moro Krembangan, Bumimoro, kec. Krembangan, Surabaya. Didirikan pada tahun 1969 dan masih berdiri hingga sekarang. Museum ini menyimpan banyak sekali koleksi TNI Angkatan Laut seperti senjata alutista, sistem navigasi, kendaraan tempur dan banyak hal lain.

Museum ini memiliki nama Loka Jala Crana yang diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti mengabadikan, menyimpan dan menyajikan. Sangat cocok dikunjungi untuk menanamkan cinta tanah air.

Destinasi Wisata Museum Kota Surabaya


House of Sampoerna

Salah satu tempat bersejarah lainnya di kota Surabaya adalah museum house of Sampoerna. Tempat ini dimasa pemerintahan Belanda dijadikan sebagai panti asuhan, kemudian dibeli oleh pengusaha bernama Liem Sieng Tee tahun 1893 untuk dijadikan tempat pengolahan rokok.

Karena mempunyai nilai historis, tempat ini bukan hanya dijadikan pengolahan rokok saja, melainkan juga museum. Kita melihat bagaimana caranya rokok itu diproduksi, kita juga bisa melihat foto-foto tempat ini dimasa pemerintahan Belanda.

Museum Surabaya

Museum ini terletak di pusat kota Surabaya dan mempunyai banyak cerita di dalamnya. Tempat ini awalnya merupakan tempat perkulakan barang pada masa pemerintahan Jepang. Kemudian diambil alih pengusaha Inggris Robert laidlaw hingga akhirnya dikelola oleh Pemkot Surabaya.

Museum Surabaya menyimpan barang peninggalan dari pemimpin-pemimpin Surabaya pada zaman dahulu. Mulai dari walikota pada masa kolonialisme hingga masa sekarang. Museum ini terletak di Tunjungan St No 1, kec Genteng, Surabaya.

Museum Kanker Indonesia

Museum ini sedikit berbeda dengan museum lainya. Jika kebanyakan museum menyimpan benda-benda bersejarah masa lampau, namun museum ini mengambil konsep yang berbeda. Museum yang berdiri di tahun 2013 ini , akan memberikan wawasan tentang penyakit kanker.

Kita akan mengetahui jenis kanker, pengobatan kanker, foto-foto orang yang menderita kanker dan cara mengatasinya. Di sini juga disediakan alat peraga yang dibentuk seperti kanker. Mengunjungi tempat ini akan menyadarkan kita tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Demikianlah bahasan kami tentang destinasi wisata museum kota Surabaya yang bisa menjadi salah satu destinasi traveling bertema edukasi. Semoga bermanfaat dan pantau terus artikel-artikel di Media Ilmu (ilmiahku.com).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel